18 PNS Pemprov DKI Bolos Usai Libur Tahun Baru

Jakarta – Pemerintah tidak memberlakukan cuti bersama pada hari Senin (2/1) ini, meski tanggal 1 Januari jatuh pada hari Minggu. Alhasil, hari ini kegiatan perkantoran baik negeri maupun swasta berjalan seperti biasa.

Kondisi yang sama juga terlihat di kawasan Balaikota DKI Jakarta. Sedikitnya, 18 PNS dinyatakan tidak hadir tanpa keterangan alias bolos.

“Data yang kita terima sampai pukul 16.00 WIB, ada 18 orang yang alpa,” terang Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Budi Utomo saat ditemui di ruang kerjanya, di Gedung D Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (2/1/20112).

Budi mengklaim angka kehadiran tahun ini menunjukkan perbaikan dari sebelumnya. Sayang, Budi tidak menjelaskan secara rinci berapa orang yang tidak masuk karena sakit, izin, alpa ataupun cuti.

Selain 18 orang tersebut, sekitar 38.414 PNS yang berprofesi sebagai guru juga belum masuk kerja. Sebab sesuai kalender akademik mereka akan kembali beraktivitas pada tanggal 9 Januari mendatang.

“Dari total seluruh PNS DKI 80.009 orang, yang masuk pada hari ini berjumlah 41.595 pegawai. Atau sekitar 98,7 persen,” katanya.

Namun, pantauan detikcom sendiri, kawasan Balaikota hari ini justru terlihat sepi. Tidak seperti biasanya, tidak ada lalu lalang para PNS yang biasanya berseliweran.

Saat ini sistem absen di DKI menggunakan sistem website. Namun belakangan, sering mengalami gangguan sehingga Budi berharap agar ke depan sistem absensi pegawai bisa menggunakan sistem realtime.

“Kendala di unit karena merekam masih menggunakan internet yang mungkin alami gangguan. Karena hanya ada satu server,” jelasnya.

Kepada yang tidak hadir tentunya akan diberikan sanksi sesuai PP 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

“Sedangkan mereka rajin akan mendapatkan TKD (Tunjangan Kinerja Daerah). Sementara yang mangkir TKD nya akan dipotong,” tutup Budi.

Lia Harahap – detikNews

Negara ini tidak akan maju dan berbenah jika masih ada sistem senioritas dimana siapapun pemimpinya jika anak buahnya masih memiliki rasa senior tidak akan jalan apa yang diperintahkan atau di atur oleh pemimpinya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s