Analisis : Google Android Siapkan “Pembunuh” Fitur Touch ID Pemindai sidik jari iPhone itu jadi buah bibir di kancah ponsel dunia.

VIVAnews – Fitur biometrik sidik jari pada iPhone 5S kemungkinan akan hadir di handset lain dengan lebih fleksibel.
Dilansir Slashgear, 5 Oktober 2013, konsorsium teknologi dunia yang dipimpin Google dan PayPal itu siap mengaplikasikan fitur serupa dalam waktu enam bulan ke depan, tepatnya sekitar awal tahun depan.

Konsorsium itu bahkan berjanji fitur versi Android itu akan jauh lebih sempurna dari fitur TouchID iPhone 5S.

Memang fitur biometerik sebelumnya sudah disematkan pada ponsel Android, Motorola ATRIX. Tapi, Michael Barrett dari Fast IDentity Online (FIDO) Alliance mengklaim, generasi fitur pemindai sidik jari ini memiliki kemampuan lebih baik.

“Cukup dengan gesekan halus, sensornya langsung responsif. Di segi keamanan juga lebih baik,” ujar Barrett, CEO FIDO. Langkah ini merupakan awal dari upaya penggunaan standar fitur yang bisa digunakan pada semua platform, bukan hanya Android.

Lalu, apa yang berbeda dari fitur biometrik yang digodok FIDO?

FIDO mengembangkan spesifikasi tunggal. Prinsipnya sama dengan apa yang berjalan pada Wi-Fi, yaitu dapat dihubungkan dan beroperasi dengan cara yang sama pada berbagai perangkat. Dengan demikian, memungkinkan peranti keras FIDO dapat mengakses sistem keamanan biomaterik yang sama.

Dengan demikian, spesifikasi itu bisa menggantikan ketergantungan pada password untuk akses.

“Ini adalah standar baru untuk keamanan perangkat dan browser,” tambahnya.

Guna mendukung sistem biometrik yang baru itu, konsorsium akan mengajak lembaga lain. Misalnya, Nok Nok Labs, laboratorium yang akan mengembangkan sisi arsitektur server, spesial pada otentifikasi peranti keras yang sudah ada, seperti webcam atau pengenalan wajah pengguna.

Selain Google dan PayPal, konsorsium ini terdiri dari beberapa perusahaan teknologi di antaranya LG, BlackBerry, NXP Semiconductor, dan Infineon. (umi)
Halaman ini berisi infografik dengan animasi flash, anda bisa melihatnya di PC dengan browser yang sudah terinstal flash player Halaman ini berisi infografik dengan animasi flash, anda bisa melihatnya di PC dengan browser yang sudah terinstal flash player Halaman ini berisi infografik dengan animasi flash, anda bisa melihatnya di PC dengan browser yang sudah terinstal flash player Halaman ini berisi infografik dengan animasi flash, anda bisa melihatnya di PC dengan browser yang sudah terinstal flash player Halaman ini berisi infografik dengan animasi flash, anda bisa melihatnya di PC dengan browser yang sudah terinstal flash player.

Kesimpulan : FIDO Alliance berencana mengubah sifat otentifikasi dengan spesifikasi terbuka, terukur, pengaturan mekanisme yang dapat bertukar informasi.

Nama: Janu Eka Setiawan

Kelas : 3KA18

NPM:13111784

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s