Analisis : Resmi, BBM untuk Android dan iPhone Sudah Bisa Diunduh

Resmi, BBM untuk Android dan iPhone Sudah Bisa Diunduh

KOMPAS.com — Tepat satu bulan setelah tertunda, aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dan iPhone akhirnya resmi diluncurkan kembali.

Dalam sebuah publikasi di blog resmi BlackBerry yang dirilis pada Senin (21/10/2013), perusahaan mengumumkan aplikasi BBM lintas platform akan tersedia di Google Play Store, Apple App Store, dan Samsung App Stores dalam “beberapa jam ke depan”.

Aplikasi BBM untuk Android dan iPhone akan didistribusikan secara bertahap ke beberapa negara. Ini dilakukan BlackBerry untuk mengantisipasi lonjakan pengguna secara mendadak.

Nama: Janu Eka Setiawan

Kelas : 3KA18

NPM:13111784

Pantauan Kompas Tekno pada Selasa (22/10/2013) pukul 06.30 WIB, aplikasi BBM sudah bisa diunduh pengguna iPhone di Indonesia. Aplikasinya dapat diunduh dari App Store Indonesia atau melalui tautan ini.

Begitu juga untuk BBM di Android. Aplikasinya sudah dapat diunduh dari Indonesia di Google Play Store atau melalui tautan ini.

Namun, meski sudah bisa diunduh dan di-install, BBM untuk Android dan iPhone baru bisa digunakan oleh pengguna yang telah mendaftarkan diri sebelumnya di BBM.com.

Pengguna yang belum terdaftar harus antre menanti giliran. Agar terdaftar dalam antrean, pengguna wajib memasukkan alamat e-mail-nya di tampilan awal aplikasi BBM yang sudah ter-install di perangkat masing-masing.

BlackBerry akan mengirim notifikasi melalui e-mail yang didaftarkan saat layanan BBM sudah bisa digunakan oleh pengguna yang bersangkutan.

Seperti diberitakan sebelumnya, BlackBerry menjanjikan kedatangan BBM untuk Android pada 21 September. Sementara untuk iPhone, aplikasi BBM sempat muncul pada 21 September di Apple App Store, tetapi ditarik kembali pada 22 September 2013.

Penundaan ini disebut BlackBerry karena munculnya aplikasi BBM tak resmi untuk Android yang mengakibatkan gangguan teknis di server.

Aplikasi BBM hanya bisa berjalan di iPhone dengan iOS versi 6 ke atas dan perangkat Android merek apa pun asalkan telah menggunakan Android 4.0 ke atas (Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean).

Pengguna iPhone dan Android dapat memanfaatkan BBM untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, serta membuat grup diskusi berisi 30 kontak.

Analisis : Pelepasan BBM ke platform lain merupakan strategi masa depan Blackberry untuk memperkuat bisnis perangkat lunak di tengah persaingan pangsa pasar antar platform.  BB berencana akan menambbah fitur-fitur seperti BBM video, BBm music, dan BBM channels untuk platform Android dan IPhone. Selain itu, BBM juga akan menetapkan standard untuk mobile messaging dan berkolaborasi dengan menawarkan layanan pesan aman yang menunjukkan status setiap pesan untuk memberitahu Anda jika itu disampaikan (D), atau read (R).  Ini membuat iri pelanggan platform lain.  Bergabungnya BBM dengan platform lain dipastikan akan mendongkrak pengguna layanan BBM.  Hal ini membuat BBm lebih relevan ditengah-tengah meningkatnya popularitas aplikasi pesan instan lintas platform, karena keberadaan BBM di Android dan IPhone bisa mendongkrak popularitas layana chatting tersebut sekaligus memberi jaringan kontak lebih luas bagi pengguna BBM.  Bergabungnya BBM dengan platform lain sudah sangat dinanti oleh pengguna Android dan Iphone. Hal in terbukti  pada tanggal semula rilis (taggal 21 dan 22 September 2013) sekitar 1,1 pengguna Android dan Iphone berusaha mendownload aplikasi BBM di playstore, walaupun akhirnya ditarik lagi karena file yang tidak resmi.  Meski BBM di gratiskan, BB telah merancang strategi bisnis untuk menghasilkan uang dari layanan BBM di Android dan Iphone. Walaupun strategi bisnis tersebut sekarang masih dirahasiakan oleh pihak BB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s