Hacker Rusia Ambil Alih Server BBC

Jakarta – Hacker asal Rusia sempat mengambil alih server kantor berita BBC. Bukan sekadar mengintip data, pelaku juga menjual isi server tersebut kepada peretas lain.

Menurut Reuters, peretas dengan nickname HASH atau Rev0lver itu membuktikan kesuksesannya membobol server BBC dengan beberapa screenshot. Ia pun menjual hasil temuannya itu kepada siapa saja yang berminat.

Pelaku memang tidak mencantumkan berapa harga untuk mendapatkan akses tersebut. Namun menurut Alex Holden, pendiri Hold Security, sebuah perusahaan cybersecurity asal Milwaukee, AS, memperkirakan bahwa nilai server BBC tidaklah murah.

“Saya tidak yakin jika server BBC hanya berisikan 40 juta nomor kartu kredit, di dalamnya pasti banyak data bernilai tinggi,” kata Holden, seperti dikutip detikINET, Senin (30/12/2013).

Pembobolan ini pun disadari oleh tim keamanan BBC, mereka melihat ada lonjakan besar data yang keluar dari server milik mereka pada 28 Desember 2013 silam.

Tidak diketahui secara pasti berapa kerugian yang diderita BBC akibat pembobolan itu, namun pelaku diperkirakan bisa menggunakan data tersebut demi keuntungan pribadi.

Analisis : “Secara teori, hacker yang telah menyusup bisa memanipulasi berita untuk membuat kekacauan di pasar keuangan. Ini bisa menyebabkan kerugian hingga miliaran dolar,”

Nama: Janu Eka Setiawan

Kelas : 3KA18

NPM:13111784

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s