Prosesor 64 Bit Samsung Adalah Exynos 6

Jakarta – Kehadiran prosesor 64 bit Samsung mulai menemui titik cerah. Diduga kuat, Samsung bakal mengungkapnya pada hajatan Consumer Electronics Show (CES) 2014, Januari mendatang.

Exynos 6 adalah nama yang kemungkinan besar bakal diusung oleh prosesor 64 bit pertama Samsung tersebut.

Selain Exynos 6, Samsung konon juga menyiapkan prosesor 64 bit lainnya. Bila Exynos 6 masih mengandalkan arsitektur milik ARM, maka prosesor 64 bit lainnya — yang dikatakan akan memiliki sebutan Exynos S — akan menggunakan arsitektur 64 bit hasil desain Samsung sendiri.

Kelebihan lainnya dari Exynos 6 dan Exynos S terletak pada jumlah corenya yang bakal mencapai 8 inti serta penggunaan teknologi HMP (Heterogeneous Multi-Processing).

Informasi lainnya terkait teknologi HMP yang akan digunakan Samsung pada prosesor terbarunya adalah implementasinya yang ternyata juga dimungkinkan pada Exynos 5420 saat ini hanya dengan melalui update software. Prosesor Exynos 5420 sendiri saat ini digunakan oleh Galaxy Note 3.

Analisis : Exynos 6 dan Exynos S diklaim memiliki kinerja sekitar 70% atau 1,43 kali lebih cepat dibanding Snapdragon 800 besutan Qualcomm.

Nama: Janu Eka Setiawan

Kelas : 3KA18

NPM:13111784

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s