Virtualisasi, Cloud & Tren Pendorong Bisnis di Indonesia

Jakarta – Teknologi yang menempatkan produktivitas dan efisiensi biaya sebagai prioritas akan diadopsi oleh perusahaan di Indonesia.

Virtualisasi, cloud, software-defined data center dan komputasi pengguna akhir bakal memungkinkan perusahaan menuai keuntungan dari otomatisasi dan kelincahan, sehingga mereka dapat lebih baik dalam penempatan tenaga kerja yang ada untuk peran yang lebih penting dan memberikan manfaat bagi keseluruhan bisnis.

Lanskap TI Enterprise tahun 2013

Ada dua faktor yang membentuk TI enterprise tahun ini. Pertama, teknologi virtualisasi sebagai pendorong bagi organisasi untuk berinovasi dan berkembang dengan menyatukan operasi TI untuk mendukung tujuan bisnis dan prioritas dan memungkinkan proyek-proyek TI yang lebih strategis untuk dimulai.

Menurut IDC Server Economies Index 2013 dengan menggunakan virtualisasi maka kawasan Asia Pasifik pada tahun 2003-2020 dapat menghindari biaya sebesar USD 98 miliar untuk belanja server, daya dan pendinginan, ruang lantai dan tenaga kerja dan biaya-biaya perusahaan.

Virtualisasi adalah salah satu kekuatan yang paling transformatif, mendobrak di TI dari generasi saat ini dan dengan semua biaya yang dapat dihindarinya, ia mendorong lebih banyak proyek yang lebih strategis.

Kedua, industri sedang bergerak ke pendekatan software-defined untuk mengelola Pusat Data. Dalam sebuah survei, VMware mendapati bahwa dua-pertiga responden menyatakan telah mampu menghasilkan pendapatan baru bagi bisnis mereka ketika mereka memperluas penggunaan virtualisasi.

Analisis : Jika perusahaan dapat memberikan aplikasi yang aman yang dibutuhkan karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka menggunakan perangkat pribadi pilihan mereka, maka dapat menghasilkan dampak positif bagi perusahaan secara keseluruhan dan kepuasan untuk karyawan.

Nama: Janu Eka Setiawan

Kelas : 3KA18

NPM:13111784

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s