Pemrograman Berorientasi Objek / JAVA

SOAL

1. Sebutkan komponen-komponen JDK
2. Apa yang dimaksud dengan token dan identifier
3.Sebutkan kegunaan dari operator, separator, keyword break dan continue
4. Buatlah program yang menampilkan :
…Belajar Java memang mudah jika dilakukan dengan tekun
5. Berikan contoh program menggunakan keyword break dan continue

Jawab

1.komponennya antara lain:
compiler(javac), interpreter(java) disebut juga java virtual machine atau java runtime environment, applet viewer(appletviewer), debugger(jdb), java class library(jcl), header dan stub generator(javah), dan yang paling penting yaitu java documentation(javadoc).

2.- Token : adalah elemen terkecil di program yang masih memiliki arti. Ada 5 token dalam bahasa Java yaitu identifier, keyword, literal dan tipe data, operator, serta separator.
* Identifier : token yang merepresentasikan nama sesuatu. (variabel, atau konstanta, atau method, atau kelas, atau package, atau interface).

3. – Operator : Operator melakukan komputasi terhadap satu/dua objek data.
– Separator : Separator menginformasikan ke compiler java mengenai adanya kelompok kode program.
– Break : untuk keluar dari kendali percabangan switch, dan untuk keluar dari kendali perulangan.
– Continue : Penggunaan keyword ini untuk segera lompat ke perulangan berikutnya.

4. – Program Belajar Java:::
.contoh program mencetak “belajar java memang mudah jika dilakukan dengan tekun”
public class belajar
{
public static void main(String arg[])
{
System.out.println(“belajar java memang mudah jika dilakukan dengan tekun”);
}
}

5.contoh program break dan kontinu
#program break
public class break1
{
public static void main (String args[])
{
int z;
z = 12;
switch (z)
{
case 1:
System.out.println(“nilai z adalah 1”);
break;
case 2:
System.out.println(“nilai z adalah 12”);
break;
default:
System.out.println(“Tidak ada yang benar”);
}
System.out.println(“Terima kasih”);
}
}

#program kontinu

public class ulang2

{

public static void main(String[]args)

{

for(int i=1;i<=10;i++)

{

System.out.println(i);

}

}

}

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s